Cara Membuat Proposal Bisnis untuk Investor

Cara Membuat Proposal Bisnis untuk Investor

Membuat proposal bisnis merupakan langkah atau metode yang banyak diterapkan sebagai solusi yang dianggap cukup aman dan menguntungkan daripada nekat menggunakan pinjaman dari bank.

Jika menggunakan jasa bank akan ada resiko pengenaan bunga yang akan membuat proses pelunasan jadi sulit. Sedangkan jika membuat proposal untuk mencari investor akan lebih aman, dan potensi modal diterima akan lebih besar karena menggunakan system bagi hasil.

Lalu bagaimanakah cara membuat proposal bisnis untuk investor agar bisa menarik minat mereka untuk invest ke bisnis kita? Berikut ini adalah cara yang Yukk Info bagikan sebagai gambaran Anda:

Membuat Bab Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan Anda perlu menjelaskan secara singkat dan jelas mengenai maksud tujuan Anda mengirimkan proposal bisnis tersebut. Jangan gunakan kalimat yang bertele-tele, dan upayakan menggunakan bahasa yang resmi dan meyakinkan pembaca.

Membuat Profil Badan Usaha

Profil badan usaha adalah informasi yang sangat penting bagi investor. Mereka perlu tahu identitas bisnis yang ingin mendapatkan investasi dari mereka. Tentu saja mereka membutuhkan sebuah bisnis yang legal dan juga bersertifikasi. Sertifikat yang mendukung kepastian mengenai kualitas produk biasanya jadi pertimbangan yang paling penting.

Menulis Ulasan Produk Usaha

Sudah pasti bahwa investor ingin tahu produk apakah yang jadi komoditas dalam bisnis yang sedang meminta bantuannya. Sangat penting jika sejak awal Anda sudah melakukan riset mengenai pasar sehingga Anda bisa menjelaskan secara pasti bahwa produk Anda akan memiliki prospek yang sangat bagus.

Menerangkan Target Pasar

Cara membuat proposal bisnis untuk investor selanjutnya adalah tak lupa menerangkan target pasar yang harus dijelaskan secara rinci supaya investor yakin bahwa Anda punya tujuan yang jelas dan telah memperhitungkan potensi atau tingkat kesuksesan produk yang Anda promosikan.

Menulis Bab Promosi dan Pemasaran

Jelaskan pada investor mengenai langkah atau metode promosi yang akan Anda terapkan dalam menarik minat pelanggan terhadap bisnis Anda. Terangkan bahwa Anda telah melakukan riset mengenai metode promosi tersebut agar meyakinkan.

Membuat Laporan Keuangan

Bila bisnis Anda sudah berjalan beberapa saat, cobalah untuk membuat laporan keuangannya secara jujur dan rinci agar investor tahu perkembangan bisnis Anda walau dalam waktu yang singkat.

Baca lainnya  5 Aplikasi Dokter Online, Gratis Konsultasi 24 Jam Nonstop

Membuat Bagian Penutup

Bagian penutup perlu ditulis dengan bahasa penuh pengharapan namun juga ada sisi optimis bahwa bisnis yang Anda jalani ini akan mendatangkan keuntungan bagi semua pihak.

Menyertakan Lampiran

Jangan lupa untuk melampirkan beberapa foto atau layout dari bisnis Anda supaya investor tahu secara rinci mengenai lokasi, fasilitas, dan daya tarik lokasi terhadap minat pelanggan.

Memastikan Tampilan Proposal Menarik

Hal yang juga tak kalah penting adalah memperhatikan tampilan luar dan dalam proposal bisnis Anda. Ini adalah cara membuat proposal bisnis untuk investor yang krusial mengingat banyak investor yang sudah malas membuka proposal hanya karena tampilannya tidak professional walaupun kontennya bagus sekalipun.