Cara Mengatasi Anak Susah Minum Obat Tanpa Memaksa

Cara Mengatasi Anak Susah Minum Obat Tanpa Memaksa

Membujuk anak untuk minum obat seringkali membuat orang tua kesulitan karena si kecil seringkali menolaknya dengan berbagai alasan, termasuk rasa yang tidak enak. Akan tetapi, jangan berkecil hati karena ada sejumlah cara mengatasi anak susah minum obat tanpa harus dipaksa.

Mempermudah Anak Minum Obat

Pemaksaan memang tidak akan membuahkan hasil yang baik, terutama terkait dengan pemberian obat. Bahkan, pemaksaan cenderung akan membuat anak trauma dan tidak mau minum obat di kemudian hari. Oleh karena itu, berikut beberapa saran yang bisa Anda terapkan.

1. Berikan pengertian pada anak

Ada baiknya diberi pengertian terlebih dahulu seperti apa manfaat minum obat tersebut, tentu saja dengan kalimat yang mudah dipahami dan di saat suasana anak senang tenang. Berikan pengertian jika dengan minum obat, maka ia akan cepat sembuh dan dapat beraktivitas normal lagi.

2. Campur obat dengan makanan favorit

Trik lain yang juga bisa Anda gunakan yakni mencampurkan obat dengan makanan favoritnya, seperti kue, roti, dan sebagainya. Akan tetapi, pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan efektivitas obat jika dicampur dalam makanan. Atau, bisa juga memberikan makanan kesukaan sebelum atau sesudah minum obat sehingga rasa pahit obat tidak terlalu terasa.

3. Buat suasana yang menyenangkan

Selama jam minum obat, ada baiknya jika Anda membuat suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak terlebih dahulu. Sebagai contoh, mengajak mereka membaca buku kesukaannya, menonton acara tv kegemarannya, atau menonton video yang ia sukai.

Adapun langkah tersebut bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak susah minum obat yang ampuh apabila anak masih susah minum obat. Jika sudah luluh, Anda dapat memberinya obat sesuai dengan dosis yang diperlukan.

4. Jangan membohongi anak

Sebagian dari kita mungkin pernah membohongi anak dengan mengatakan bahwa obat tersebut manis, padahal aslinya memiliki rasa yang pahit. Jika demikian, tentu saja anak akan merasa “ditipu” dan pada akhirnya tidak mau minum obat lagi. Daripada membohongi anak dengan cara demikian, lebih baik Anda berkata jujur dan memberikan pengertian kalau obat yang pahit tersebut bisa membuatnya cepat sehat.

Baca lainnya  Aplikasi Cari Kenalan Sekitar untuk Android dan iOS

5. Memberikan pujian dan hadiah

Jika anak sudah berhasil minum obat, jangan lupa untuk memberikan pujian kepadanya. Anda juga dapat memberikan hadiah kecil, seperti kelonggaran waktu bermain atau menonton acara kegemarannya. Dengan cara ini, anak akan termotivasi dan di kemudian hari anak akan lebih mudah minum obat.

Demikian beberapa cara mengatasi anak susah minum obat yang bisa diterapkan. Memberi obat pada anak memang suatu tantangan tersendiri, namun dengan kesabaran dan trik di atas, diharapkan anak bisa minum obat supaya cepat sehat.