6 Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Secara Alami

6 Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Secara Alami

Batuk kering seringkali menjadi keluhan yang bisa dialami oleh siapa pun, tak terkecuali anak-anak. Apalagi, batuk sejatinya merupakan gejala dengan berbagai penyebab, baik infeksi saluran napas maupun alergi. Lantas, adakah cara mengobati batuk kering pada anak secara alami?

Mengatasi Batuk Kering pada Anak

Dalam kondisi ringan, mengatasi batuk kering pada anak sejatinya dapat dilakukan di rumah. Anda bahkan tidak perlu membawa anak langsung ke dokter, terutama jika tidak ada gejala lain yang menyertai seperti sesak napas dan lainnya. Berikut Yukk Info jelaskan cara mengatasi batuk kering pada anak yang dapat dilakukan secara alami.

1. Minum air putih hangat

Manfaat air putih memang tidak perlu disepelekan lagi. Jika anak mengalami batuk, minum air bisa membantu melegakan tenggorokan dan mencukupi hidrasi harian. Apabila sebelumnya mengalami batuk kering lalu muncul dahak, air putih hangat bisa mengencerkan dahak tersebut supaya mudah keluar.

2. Menghirup uap hangat

Selain minum air putih hangat, Anda juga bisa membuat suatu terapi uap air untuk mengatasi batuk kering. Uap air akan membuat kerongkongan menjadi lebih nyaman sehingga batuk anak akan mereda.

3. Mengatur suhu ruangan dan tubuh anak

Bagi sebagian anak, terutama yang memiliki alergi, batuk kering akan menjadi lebih berat apabila suhu udara terlalu dingin. Oleh karena itu, Anda dapat menerapkan cara mengobati batuk kering pada anak secara alami dengan mengatur suhu udara pada ruangan sehingga tidak terlalu dingin dan pakaikan baju yang nyaman dan hangat sehingga batuk lebih cepat sembuh.

4. Minum ramuan teh hangat

Cara lain yang bisa Anda berikan yakni ramuan berupa teh hangat yang dapat ditambah dengan perasan lemon atau madu. Teh hangat diyakini dapat membantu menghangatkan tubuh anak dan membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

Untuk menambahkan khasiat, Anda dapat mencampurkan perasan lemon yang mengandung vitamin C atau madu yang memiliki sifat antioksidan untuk mempercepat penyembuhan.

5. Gunakan balsam penghangat

Ada beberapa merk balsam penghangat yang mengandung berbagai ekstrak tanaman herbal. Oleskan balsam ini untuk membuat hidung dan tenggorokan anak menjadi lebih lega. Selain itu, balsam ini juga dapat membantu memberi rasa hangat dan mempercepat proses penyembuhan batuk kering.

Baca lainnya  Aplikasi Edit Video untuk Promosi Bisnis Anda

6. Istirahat yang cukup

Untuk memaksimalkan proses penyembuhan, membuat anak istirahat yang cukup tentu juga sangat penting. Ketika istirahat, tubuh akan lebih efektif melawan berbagai virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, hindari keluar rumah terlebih dahulu supaya batuk cepat reda.

Demikian beberapa cara mengobati batuk kering pada anak secara alami yang bisa Anda terapkan secara mudah. Semoga dapat menjadi referensi, selamat mencoba!