Cara Mengobati Iritasi Kulit Pada Bayi dengan Mudah

Cara Mengobati Iritasi Kulit Pada Bayi dengan Mudah

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif dan rentan sehingga mudah iritasi dan terkena masalah kulit lainnya. Sebagai ibu yang tanggap, penting untuk mengetahui penyebab, gejala dan cara mengobati iritasi kulit pada bayi yang dapat dilakukan. Dengan begitu maka masalah iritasi tersebut tidak semakin parah.

Faktor Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi

Sebenarnya gejala iritasi kulit bayi dapat disebabkan karena berbagai hal. Beberapa penyebab masalah iritasi kulit bayi antara lain sebagai berikut.

1.     Jarang Mengganti Popok

Jika bayi buang air besar atau mengompol di popok sekali pakai dan tidak langsung diganti, maka dapat berpotensi menyebabkan kelembaban dan suhu yang meningkat di bagian tersebut. Jika terjadi terus-menerus maka bagian pelindung kulit bayi bisa berjamur dan iritasi.

2.     Menggunakan Sabun Antiseptik Berulang

Sabun mandi antiseptik biasanya digunakan untuk memandikan bayi. Meskipun diperbolehkan, tetapi sabun ini tidak disarankan untuk digunakan secara berulang karena bisa menyebabkan kulit bayi rentan serta mudah kering dan teriritasi.

3.     Keringat yang Dibiarkan

Masalah iritasi pada kulit bayi juga dapat disebabkan karena keringat di area lipatan tubuh yang dibiarkan terlalu lama. Bagian lipatan tubuh bayi akan lembab yang menyebabkan berbagai masalah kulit, terutama untuk bayi yang gemuk.

Gejala Iritasi Pada Kulit Bayi

Iritasi pada kulit bayi bisa dilihat dari beberapa gejala yang timbul seperti berikut ini.

1.     Kulit Berwarna Kemerahan

Jika si kecil terus menggaruk di bagian tersebut dan muncul warna kemerahan, kemungkinan kulit mengalami iritasi. Biasanya yang banyak terjadi yaitu ruam popok yang menyebabkan area bokong bayi kemerahan.

2.     Kulit Kering Bersisik

Jika mendapati kulit si kecil kering berlebihan, bersisik, bahkan mengelupas, maka itu merupakan tanda iritasi kulit. Biasanya hal ini disebabkan karena cuaca yang ekstrem atau penggunaan sabun mandi yang tidak cocok.

3.     Bintik Merah dan Kulit Perih

Biang keringat atau bintik merah menjadi salah satu gejala iritasi kulit pada bayi yang harus diwaspadai. Semakin bagian tersebut digaruk, maka bagian kulit bayi akan semakin meradang. Akhirnya si kecil akan merasa perih di bagian kulit karena gesekan terus menerus.

Baca lainnya  4 Cara Mengobati Kudis Secara Alami

Cara Mengatasi Masalah Iritasi Pada Kulit Bayi

Setelah mengetahui penyebab dan gejala yang muncul saat iritasi pada bayi, penting untuk mengetahui cara mengobati iritasi kulit pada bayi dan pencegahannya.

1.     Menjaga Kebersihan Popok

Pilihlah popok yang dapat menyerap kotoran dan keringat si kecil dengan baik sehingga area pantat bayi tidak lembab berlebihan. Selain itu, pemilihan ukuran juga harus tepat sehingga saat popok dipakai tidak terlalu ketat. Ketika popok sudah penuh atau kotor, segera untuk menggantinya.

2.     Memilih Pakaian Bayi yang Tepat

Pakaian yang tepat untuk bayi yaitu pakaian dengan bahan katun karena dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak terasa panas di tubuh. Memilihkan pakaian yang sesuai dengan cuaca juga sangat penting.

3.     Menjaga Tubuh Bayi Tetap Kering dan Bersih

Setelah memandikan si kecil, keringkanlah seluruh bagian tubuh bayi, termasuk bagian lipatan kulit. Begitupun ketika berkeringat, keringkan tubuh bayi menggunakan handuk lembut untuk menghindari iritasi.

4.     Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Meskipun ada banyak sekali produk perawatan kulit untuk bayi, selektiflah dalam memilih produk mana yang tepat untuk si kecil. Deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian si kecil juga perlu menggunakan deterjen khusus supaya sisa deterjen pada pakaian tidak membuat iritasi di kulit.

5.     Memberikan Obat Khusus Iritasi

Jika masalah iritasi pada kulit bayi semakin melebar ke bagian tubuh lainnya, langsung periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memberikan resep obat anti iritasi untuk si kecil sehingga dapat meredakan gejala iritasi yang timbul.

Demikianlah penjelasan seputar penyebab, gejala, dan cara mengobati iritasi kulit pada bayi yang perlu diketahui oleh ibu. Beberapa informasi Yukk Info di atas diharapkan dapat membantu ibu dalam menangani masalah iritasi kulit pada si kecil.