Cara Mengobati Kucing Mata Berair yang Tepat

Cara Mengobati Kucing Mata Berair yang Tepat

Siapa nih yang panik kalau kucing peliharaannya mengalami hal yang aneh seperti mata berair? Sejatinya, kondisi seperti ini dapat terjadi jika ada kotoran yang masuk ke dalam mata. Meski demikian, ada kok beberapa cara mengobati kucing mata berair yang bisa Anda lakukan sebelum pergi ke dokter.

Mengatasi Mata Berair pada Kucing

Jika menemukan kucing dengan mata yang berair, Anda tentu tidak boleh langsung panik. Sebagai tindakan awal, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut supaya mata kucing tidak semakin para dan malah menimbulkan komplikasi. Berikut cara-cara yang dimaksud.

1. Membersihkan kotoran yang menempel pada mata

Langkah awal yang bisa Anda lakukan tentu saja membersihkan kotoran yang ada pada mata kucing. Tidak jarang, mata kucing yang berair disebabkan oleh kotoran atau benda asing yang ada pada mata sehingga kucing akan secara alami mengeluarkan air mata untuk membersihkan kotoran tersebut.

Anda juga dapat membantu mempercepat proses pembersihan dengan cara celupkan bola kapas ke air hangat, kemudian bersihkan setiap sudut mata ke arah luar sampai kotoran yang menempel menjadi bersih. Sebaiknya, gunakan bola kapas yang baru untuk setiap mata.

2. Mengompres mata kucing

Anda juga bisa mengompres mata kucing dengan beberapa bahan alami. Akan tetapi, pastikan bahan-bahan tersebut aman, karena tidak semua cocok dengan mata kucing yang lebih sensitif, seperti air cuka, madu, dan sebagainya yang malah membuat sakit mata semakin parah.

Anda bisa coba cara mengobati kucing mata berair menggunakan daun sirih yang direbus terlebih dahulu, kemudian dinginkan airnya. Gunakan air ini untuk mengelap mata kucing menggunakan kapas. Pastikan lap mata kucing dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan rasa perih.

Apabila mata kucing masih berair, coba lakukan cara ini secara rutin. Dengan demikian, hal tersebut akan menghindarkan kucing dari belekan bahkan gangguan penglihatan karena tertutup oleh air mata dan kotoran.

3. Jangan memberi obat tetes manusia

Jangan pernah memberikan obat tetes manusia pada kucing Anda, apalagi bahan-bahan yang terkandung di dalamnya bisa saja membuat mata kucing semakin teriritasi. Selain itu, tentu saja juga akan menimbulkan masalah lain yang berdampak buruk pada kesehatan kucing.

Baca lainnya  Aplikasi Online Meeting Terbaik di Indonesia

Jika ingin memberikan obat tetes, Anda dapat membeli obat yang khusus untuk kucing, baik di toko hewan maupun secara online. Akan tetapi, jika memang semakin parah, Anda dapat segera membawa kucing kesayangan ke dokter hewan.

Demikian beberapa cara mengobati kucing mata berair yang dapat dilakukan sebelum pada akhirnya Anda mengobatinya melalui dokter hewan. Jika sudah sembuh, pastikan kembali gizi kucing terpenuhi dengan baik supaya masalah mata berair tersebut tidak terjadi kembali.