4 Cara Mengobati Kudis Secara Alami

4 Cara Mengobati Kudis Secara Alami

Posted on

Gangguan kulit seperti kudis memang akan membuat kita menjadi tidak nyaman. Terlebih, gangguan ini seringkali ditandai dengan rasa yang sangat gatal dan timbulnya ruam bintik-bintik. Lantas, apakah ada cara mengobati kudis secara alami?

Pengobatan Alami untuk Gangguan Kudis

Kudis banyak disebabkan oleh tungau yang hidup dan bersarang di kulit akibat penggunaan barang-barang yang sudah terinfeksi, seperti pakaian, handuk, dan sebagainya. Kendati demikian, penyakit kulit ini bisa disembuhkan dengan berbagai bahan alami, seperti:

1. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini dikenal memiliki zat antibakteri yang sangat baik mengobati kulit gatal. Selain itu, zat yang terkandung di dalamnya juga berguna untuk meregenerasi kulit, mengurangi peradangan, hingga menyembuhkan daerah yang terkena dampak penyakit kulit ini.

Untuk menggunakan lidah buaya pada kulit yang terkena kudis sejatinya bukan suatu hal yang sulit di mana Anda hanya memerlukan gel lidah buaya yang dioleskan ke kulit yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi langkah ini dua kali sehari.

2. Cabe rawit

Anda mungkin tidak percaya kalau cabe rawit bisa digunakan sebagai cara mengobati kudis secara alami, padahal efeknya begitu baik karena sifatnya yang memberi rasa terbakar dan dapat membunuh parasit. Cabe rawit juga memiliki kandungan capsaicin, yaitu zat kimia untuk mengurangi sensasi rasa sakit ketika dioleskan ke kulit.

Selain mengoleskan langsung pada kulit, Anda juga dapat mencampurkan sebanyak satu cangkir cabe rawit ke dalam air hangat. Selanjutnya, rendam bagian yang terkena kudis sampai air menjadi dingin. Pastikan mata dan area sensitif lain tidak terkena air cabe ini, ya.

3. Minyak cengkeh

Bisa dibilang, minyak ini termasuk salah satu obat kudis yang paling ampuh, terlebih memiliki sifat anti-mikroba, anestesi, insektisida, hingga antioksidan yang juga mampu menyembuhkan penyakit kulit ini. Untuk menggunakan minyak ini, Anda perlu mencampurnya dengan minyak kelapa, kemudian mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi. Lakukanlah perawatan ini dengan rutin selama 2-3 minggu.

4. Kunyit dan lemon

Campuran kunyit dan lemon juga bisa menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi kudis. Hal ini karena kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi untuk meredakan peradangan dan rasa gatal. Kandungan vitamin C dan asam sitrat pada lemon juga berguna untuk memperbaiki jaringan kulit.

Penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan kunyit lalu diberi perasan lemon secukupnya. Oleskan campuran kedua bahan tersebut ke kulit yang terinfeksi, diamkan beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan cara ini dengan rutin sampai kulit sembuh kembali.

Itulah sejumlah cara mengobati kudis secara alami yang dapat dilakukan secara mudah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *