Perhitungan Margin Trading Saham yang Harus Diketahui

Perhitungan Margin Trading Saham yang Harus Diketahui

Fasilitas margin trading memberikan kesempatan kepada trader untuk membeli saham dalam jumlah yang lebih banyak dari saldo rekening yang dimiliki. Namun sebelum menggunakan fasilitas ini, ada baiknya Anda memahami mekanisme dan perhitungan margin trading saham.

Margin trading menjadi salah satu inovasi dari perkembangan pasar modal yang disediakan oleh perusahaan sekuritas. Lantas, bagaimana cara trading saham menggunakan fasilitas margin? Berikut ulasan selengkapnya mengenai mekanisme margin trading dan contoh perhitungannya.

Mekanisme Margin Trading dan Contohnya Perhitungannya

Secara sederhana, margin trading adalah fasilitas pinjaman dana dari perusahaan sekuritas yang memungkinkan trader untuk membeli saham lebih banyak dari saldo rekeningnya. Adanya fasilitas ini meningkatkan kemampuan beli atau buying power.

  1. Menghitung jumlah saham yang dapat dibeli dengan margin

Contohnya Anda memiliki saldo Rp 3 juta di akun rekening efek, dengan saldo tersebut Anda dapat membeli 1.000 lembar saham X dengan harga Rp 3.000 per lembar.

Misalnya Anda menggunakan fasilitas trading margin, maka perhitungan margin trading saham dengan uang Rp 3 juta di rekening efek Anda bisa membeli 1.500 lembar saham X pada harga Rp 3.000 per lembar.

Anda dapat membeli 500 lembar saham X lebih banyak dengan margin trading. Perhitungannya adalah 1.000 lembar saham dibeli dengan uang pribadi dan 500 lembar saham dibeli dengan fasilitas margin.

  1. Menghitung keuntungan saham yang dibeli dengan margin

Selain memberikan kesempatan trader untuk membeli saham lebih banyak, margin juga memberikan peluang keuntungan yang lebih besar. Seperti contoh diatas dengan kenaikan harga saham menjadi Rp 4.000 per lembar.

Tanpa margin saham Anda hanya bisa membeli 1.000 lembar saham. Jika saham naik menjadi Rp 4.000 per lembar, maka keuntungannya adalah Rp 1 juta.

Sedangkan dengan margin saham Anda bisa membeli saham lebih banyak hingga 1.500 saham. Apabila saham yang Anda beli ini kemudian hari naik menjadi Rp 4.000 saham, maka keuntungannya adalah Rp 1,5 juta. Anda akan memperoleh keuntungan bersih setelah dikurangi biaya pinjaman.

  1. Menghitung kerugian saham yang dibeli dengan margin

Dalam investasi saham tentu tidak melulu untung tetapi bisa juga rugi karena harga saham yang turun. Jika Anda membeli saham X Rp 3.000 per lembar dan ternyata harga saham turun menjadi Rp 2.500, maka kerugian Anda tentu lebih besar dibanding tidak menggunakan margin tersebut.

Baca lainnya  Cara Bisnis Jastip Luar Negeri dengan Mudah

Misalnya penurunan harga saham -10% dan biaya pinjaman 1%, maka kerugian Anda menjadi lebih besar yakni -10% – 1% atau -11%.

Itulah perhitungan sederhana untuk trading saham menggunakan margin. Sebelum menggunakannya, Anda harus memahami perhitungan margin trading saham sesuai ketentuan dari perusahaan sekuritas. Jangan lupa juga saat jatuh tempo Anda harus mengembalikan dana pinjaman tersebut dan jika tidak mampu, maka konsekuensinya adalah dikenakan bunga atau bahkan saham Anda dijual paksa.